Biografi Soekarno dan Hubungannya dengan Tokoh Lainnya

x15. Biografi Soekarno dan Hubungannya Dengan Tokoh Lainnya

Kehidupan Soekarno seakan banyak hal yang perlu untuk diketahui, maka banyak biografi Soekarno yang dituliskan untuk mengetahui kisahnya. Sehingga Anda juga perlu untuk membaca biografi supaya bisa mengenal sosok Soekarno lebih dalam, dengan berbagai perjuangan dan kisah hidup yang begitu menarik untuk diketahui tentunya.

Ada banyak hal yang mungkin belum banyak diketahui orang tentang presiden pertama Indonesia ini. Termasuk hubungannya dengan tokoh pergerakan nasional lainnya. Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk diketahui. Jadi jangan melewatkan kesempatan untuk bisa mencari informasi yang tepat terkait kehidupan seorang Soekarno.

Dalam perjuangan Soekarno untuk bisa memenuhi keinginannya memerdekakan Indonesia tentu Soekarno tidak sendirian. Ada beberapa tokoh nasional lain yang juga ikut mendukung perjuangannya. Indonesia tidak akan merdeka jika tidak ada kerja sama yang baik antara para pahlawan nasional ini. Hal itu akan Anda temukan dalam biografi Soekarno secara lengkap dan mendalam.

Pertemanan Soekarno dan Tokoh Nasional Lainnya

Di rumah HOS Cokroaminoto, Soekarno memang akrab dengan Alimin, Muso, Darsono, dan Semaun. Namun mereka selanjutnya adalah tokoh berhaluan komunis yang memimpin pemberontakan PKI di Madiun. Tidak hanya itu, Soekarno ternyata juga akrab dengan Kartosuwiryo yang selanjutnya, yaitu pendiri Darul Islam dan memimpin pemberontakan melawan Soekarno.

Bahkan setelah itu, dalam biografi Soekarno banyak dituliskan bahwa Soekarno sendiri yang menandatangani persetujuan eksekusi mati pada Kartosuwiryo. Mereka semua memang menimba ilmu yang sama di rumah HOS Cokroaminoto dan berorganisasi di Sarekat Islam. Jiwa nasionalis para tokoh ini memang menjadi sangat besar untuk Indonesia, tetapi dengan pemikirannya masing-masing.

Seorang Soekarno muda banyak belajar dunia politik dan berpidato di rumah HOS Cokroaminoto tersebut. Ada banyak hal yang membuat jiwa nasionalismenya juga semakin membuncah. Hal ini tentunya menjadi modal yang sangat kuat hingga akhirnya Soekarno menjadi proklamator kemerdekaan RI, serta menjadi presiden pertama yang sangat melegenda.

Kisah Soekarno dan Jepang

Pasti diceritakan dalam biografi Soekarno bahwa, Bangsa Indonesia merdeka di saat kekosongan Jepang ke Sekutu. Bahkan dalam beberapa hal Jepang juga turut membantu proses kemerdekaan Indonesia, hal ini menjadi fakta yang menarik untuk diketahui. Jepang memang menunjuk Soekarno sebagai pemimpin tim untuk persiapan kemerdekaan Indonesia.

Soekarno pada saat itu juga sempat pergi ke Jepang untuk bertemu dengan Kaisar Hirohita. Kemudian Soekarno terus melakukan pendekatan dan kerja sama dengan pihak Jepang. Tujuannya adalah untuk Indonesia agar segera diberi kemerdekaan. Persiapan yang dilakukan oleh Soekarno adalah merumuskan pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi negara. Kemudian Soekarno juga merumuskan teks proklamasi bersama dengan Mohammad Hatta dan Achmad Soebardjo.

Namun saat akan mengumumkan kemerdekaan Indonesia ada perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda. Golongan tua menginginkan proklamasi kemerdekaan harus dipersiapkan dengan baik dan matang, sedangkan golongan muda menginginkan proklamasi segera diadakan secepat mungkin. Kondisi yang membuat Soekarno dan Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengas Dengklok.

Kemudian Achmad Soebardjo menjemput Soekarno dan Hatta ke Rengas Dengklok untuk dibawa kembali ke Jakarta. Setibanya mereka bertemu dengan pemimpin lainnya di rumah Laksmana Maeda di Jalan Imam Bonjol. Laksmana Maeda menjamin keamanan dan keselamatan Soekarno Hatta dan para pemimpin lainnya untuk merumuskan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia di rumahnya. Itulah sedikit cerita masa lalu dalam biografi Soekarno yang harus Anda ketahui sebagai sejarah kemerdekaan.

Keyword: biografi Soekarno

Deskripsi: Anda bisa melihat betapa perjuangan yang diceritakan dalam biografi Soekarno penuh dengan tantangan begitu pun dari teman-temannya sendiri yang satu ilmu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>